Monday, January 17, 2011

Manfaat Minum Air Putih

Menurut F Batmangelidj MD dalam bukunya “ Air untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit “ tubuh manusia terdiri atas 75 % air dan 25 % bahan padat.

Maka sudah tentu bahwa asupan air sangat penting. Bahkan dengan mambaca tulisan ini, dan duduk – duduk saja tubuh kita kehilangan air. Namun, tak hanya sekedar air atau cairan minuman, tapi air putih matang.
Menurut F. Batmangelidj, bahwa teh, kopi, alkohol, dan minuman pabrik tak dapat menggantikan kebutuhan tubuh kita akan air murni, terutama ketika tubuh sedang tertekan dan stress. Minuman – minuman ini memang sudah mengandung air, tapi sebagian besar juga mengandung bahan-bahan yang membuat tubuh kekurangan air, seperti kafein.

Bahan-bahan ini membuang air pelarut mereka, juga air dari cadangan tubuh. Ketika minum kopi, teh, atau bir, tubuh kita mengeluarkan lebih banyak air daripada air yang terkandung di dalam minuman tersebut. Jika mengukur volume air kemih setelah meminum minuman tersebut, maka kita telah mengeluarkan lebih banyak air kemih daripada volume yang diminum.

Disebut-sebut, bahwa manusia membutuhkan setidaknya delapan gelas (@ 2 lt) air putih perhari. Mengapa ? ini adalah sebagian dari alasan-alasanya:
1. Tanpa air manusia tidak ada yang hidup, air merupakan bahan perekat dalam desain arsitektural sel, air mencegah kerusakan DNA dan membuat mekanisme perbaikannya lebih efisien, karena lebih sedikit DNA abnormal yang tercetak.
2. Air adalah pelarut utama bagi semua makanan, vitamin dan mineral. Air digunakan dalam mekanisme pemecahan makanan menjadi partikel kecil dan akhirnya pada metabolisme dan asimilasi makanan.
3. Air juga meningkatkan kecepatan penyerapan tubuh terhadap bahan-bahan esensial dalam makanan, termasuk berfungsi untuk mengangkut semua bahan di dalam tubuh.
4. Air turut membersihkan racun dari dalam tubuh dan membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang

Air juga berfungsi sebagai:
- Pelumas utama ruang sendi dan membantu mencegah arthritis dan nyeri pungggung, pencahar yang melumas dan mencegah sembelit, dan esensial bagi system pendinginan tubuh ( keringat) dan pemanasan tubuh (elektris).
- Memberi daya dan energi listrik untuk semua fungsi otak, terutama fungsi pemikiran, dapat membantu mencegah gangguan kekurangan perhatian pada anak-anak dan dewasa.
- Meningkatkan tenggang perhatian kita dan lebih cepat menyegarkan tubuh dibandingkan cairan lainnya.
- Membantu mengurangi stres, rasa cemasa dan depresi, mengembalikan irama tidur yang normal.
- Membantu mengurangi keletihan, memberi energy kemudaaan dengan membuat kulit lebih halus dan membantu mengurangi efek penuaan.
- Membuat mata bercahaya dan bergairah.
- Mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah ketika ia beredar keseluruh tubuh.
- Mengurangi nyeri pra menstruasi dan sembur panas, dehidrasi dan menghalangi produksi hormon seks salah satu penyebab utama impotensi dan kehilangan libido.

Untuk menurunkan berat badan dengan meminum air merupakan cara terbaik, sebab minum air pada waktunya dan akan kehilangan berat tubuh tanpa harus terlalu berdiet

Dehidrasi menyebabkan timbunan endapan racun di ruang-ruang jaringan, sendi ,ginjal, hati, otak, dan kulit. Air membantu mengurangi mual di pagi hari akibat kehamilan. Ketika terjadi dehidrasi karena orang tidak cukup minum air, sel-sel menjadi kekurangan energy siap pakainya. Kemudian, sel-sel ini menjadi lebih menggantungkan pembentukan energinya dari makanan yang di konsumsi, dan bukan dari air.
Pada situasi ini, tubuh dipaksa menyimpan lemak dan menggunakan cadangan protein serta karbohidratnya karena lebih mudah dipecah daripada cadangan lemak. Inilah sebabnya 37% orang Amerika mengalami kegemukan. Tubuh mereka terlibat dalam pengelolaan krisis dehidrasi. Jadi, pastikan tubuh anda mendapatkan asupan air yang cukup sehari-harinya

Smogaa bermanfaat ya gaaan infonyaaa


*Sumber: Kaskus.us 

0 comments

Post a Comment